Weekly post

  • Posted by : willy saputra Kamis, 03 Desember 2015


    Kelas9 Bab3 PERANGKAT INPUT

    Perangkat input merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data. Berikut adalah perangkat masukan yang biasa digunakan dan untuk mengakses internet.

    1. Keyboard
             Keyboard sebagai alat input yang memiliki beberapa tombol yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah dengan cara diketikkan. Tombol-tombol pada keyboard di antaranya, tombol alphabet (huruf A sampai Z), angka 0 sampai 9, beberapa simbol matematika, dan tombol lain dengan fungsi yang berbeda-beda (seperti tombol Ctrl, tombol Alt, tombol Caps Lock, tombol Enter, tombol Shift, tombol Esc, dan lain-lain).



    2. Mouse
             Berbeda dengan keyboard, memasukkan data atau perintah menggunakan mouse adalah dengan cara klik ( menekan tombol sebelah kiri mouse), drag (menggeser sambil menekan tombol kiri mouse), double klik (menekan tombol kiri mouse dua kali dengan cepat), atau klik kanan (menekan tombol mouse sebelah kanan). Kamu akan menemukan sesuatu yang bergerak jika mouse digeser-geser, sesuatu yang bergerak itu disebut pointer.
    3. Modem dan saluran telepon  
           Perangkat tambahan supaya komputer dapat digunakan untuk mengakses internet ialah modem. Modem atau modulasi demodulator merupakan alat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan internet. Tugasnya adalah mengubah sinyal digital menjadi analog (proses modulasi) dan mengubah kembali sinyal analog menjadi digital (demodulasi). Modem ada dua macam yaitu modem internal dan eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasang di dalam sistem komputer berupa card. Modem eksternal adalah modem yang dipasang di luar komputer. Modem dapat membuat komputer saling berhubungan satu sama lain melalui saluran telepon. Komputer mengirim sinyal-sinyal digital untuk menghasilkan gambar, suara, dokumen, program, dan lain-lain. Karena saluran telepon dirancang untuk meneruskan suara atau sinyal-sinyal analog, maka sinyal digital dari komputer diubah menjadi sinyal analog supaya dapat melewati saluran telepon atau sebaliknya. Saluran telepon yang bisa digunakan selain telepon yang menggunakan telepon kabel, dapat juga berupa telepon selular.

    0 komentar

  • Copyright © - Nisekoi - All Right Reserved

    tugastik Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan